Buku ini ditulis oleh Jack Trout penulis Best-Seller, Postitioning dan Marketing Warefare bersama steve Rivkin.
Buku The Power Of Simplicity memberikan pedoman bagi manajemen untuk menghentikan omong kosong dan bertindak benar.
Setelah membaca buku ini saya menyadari banyak hal yang sederhana dalam hidup tapi justru dibuat menjadi kompleks, yang mana tujuan yang diharapkan adalah kebanggaan karena telah menciptakan sesuatu yang kompleks. Padahal pada real nya justru hal yang kompleks tersebut dilakukan secara sederhana. Jadi kenapa harus membuat rumit sesuatu yang bisa dilaksanakan atau dikerjakan secara sederhana. Begitu kira-kira gambaran inti yang saya dapatkan dari buku ini.
Sebagai contoh yang diungkapkan oleh buku ini adalah kompleksitas bahasa. Diambil dari kliping yang dilaporkan Majalah Fortune frasa- frasa manajemen yang digambarkan sebagai "memo dari neraka".
Pemimpin puncak akan terbang untuk memaparkan visi ini. (Bos akan datang minggu depan)
Kita perlu membentuk dimensi untuk inisiatif manajemen ini. (Mari Kita semua membuat rencana)
Pekerjaan anda, untuk sementara, telah diputuskan ditahan. (Anda Belum Dipecat)
Teman- teman semua penghobi baca buku ilmiah atau buku lainnya tentu sering menjumpai suatu kalimat yang kompleks dengan kata- kata yang megah dan terlihat pintar, rumit dan signifikan tapi sulit untuk dipahami. Padahal maksud dan tujuan dari kalimat tersebut sangat sederhan ketika dilakukan didalam praktiknya. Jadi kenapa tidak membuat kalimat yang sederhana saja agar setiap orang bisa langsung memahami makna dari suatu kalimat. Begitu kira-kira makna yang tersirat dari buku The Simple of Simplicity dalam hal kompleksitas bahasa.
Rangkuman Sederhana
- Kompleksitas bukan untuk dikagumi, tetapi untuk dihindari.
- Percayai akal sehat anda. Akal sehat akan memberitahu anda apa yang mesti anda kerjakan.
- Ide-ide besar hampir selalu muncul dengan kata - kata kecil.
- Jika anda menata pikiran, Anda akan berpikir lebih jernih.
- Jangan percayai siapapun yang anda tidak pahami ucapannya.
- Intinya bukanlah bagaimana anda mengenali konsumen, tapi bagaimana konsumen mengenali anda
- Deklarasi misi yang tidak definitif adalah indikasi bahwa perusahaan tidak tahu kemana harus melangkah
- Pemimpin yang baik tau harus kemana melangkah.
- Mengkhayal hanya pantas di negeri dongeng. yang mesti anda urusi adalah realitas.
- Masa depan akan menjadi milik perusahaan yang terorganisasi baik dan berfokus baik.
- Beritahu saya tentang ide anda.
- Tunjukan ide orang lain pada saya.
- Tujuan serupa dengan mimpi. Bangun dan hadapi realita.
- Bangunlah pangsa pasar, maka angka-angka akan datang sendirinya.
- Bekerja lebih keras tidak seefektif bekerja lebih pintar.
- Anda tidak akan menemukan kesuksesan didalam diri anda. Anda akan menemukan kesuksesan didalm diluar diri anda.
- Bantahan terbaik kepada pengecam anda adalah berkata benar.
Kesimpulan
Diakhir buku ini terdapat kesimpulan yang berisi
Jangan salah sangka. Tidak semua orang tertarik dengan "kompleksitas". Mereka yang memperaktikan kesederhanaan justru sangat sukses.