Minat dan Hobi


Minat dan hobi merupakan dua hal yang berbeda, namun sering kali ada yang salah mempresepsikan bahwa minat sama dengan hobi. Padahal ada perbedaan yang sangat jelas diantara minat dan hobi. contoh, seorang yang hobi bermain bola dia akan selalu berusaha untuk bermain bola dikala ada waktu luang, tetapi orang yang minat terhadap bola ia akan setiap saat mencari informasi terbaru tentang sepak bola baik itu di dalam negeri ataupun luar negeri. Pengetahuan orang yang minat terhadap sepak bola akan lebih banyak daripada orang yang hanya hobi bermain sepak bola.

untuk lebih memperjelas perbedaan antara minat dan hobi, berikut beberapa pendapat para ahli tentang minat dan hobi,

Pengertian Minat menurut Tidjan (1976 :71) adalah gejala psikologis yang menunjukan pemusatan perhatian terhadap suatu obyek sebab ada perasaan senang. Dari pengertian tersebut jelaslah bahwa minat itu sebagai pemusatan perhatian atau reaksi terhadap suatu obyek seperti benda tertentu atau situasi tertentu yang didahului oleh perasaan senang terhadap obyek tersebut.

Sedangkan menurut Drs. Dyimyati Mahmud (1982), Minat dalah sebagai sebab yaitu kekuatan pendorong yang memaksa seseorang menaruh perhatian pada orang situasi atau aktifitas tertentu dan bukan pada yang lain, atau minat sebagai akibat yaitu pengalaman efektif yang distimular oleh hadirnya seseorang atau sesuatu obyek, atau karena berpartisipasi dalam suatu aktifitas. 

Menurut kamus lengkap psikologi, minat (interest) adalah (1) satu sikap yang berlangsung terus menerus yang memolakan perhatian seseorang, sehingga membuat dirinya jadi selektif terhadap objek minatnya, (2) perasaan yang menyatakan bahwa satu aktivitas, pekerjaan, atau objek itu berharga atau berarti bagi individu, (3) satu keadaan motivasi, atau satu set motivasi, yang menuntun tingkah laku menuju satu arah (sasaran) tertentu (dalam Chaplin, 2008:255).

Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. kata Hobi merupakan sebuah kata serapan dari Bahasa Inggris "Hobby".(wikipedia)

Jadi minat merupakan kecenderungan atau arah keinginan terhadap sesuatu untuk memenuhi dorongan hati, minat merupakan dorongan dari dalam diri yang mempengaruhi gerak dan kehendak terhadap sesuatu, merupakan dorongan kuat bagi seseorang untuk melakukan segala sesuatu dalam mewujudkan pencapaian tujuan dan cita-cita yang menjadi keinginannya. Sedangkan hobi hanya bersifat rekreasi dan biasa dilakukan diwaktu luang