Tanggung jawab pengusaha dan pegawai

Sumber artikel.
Pengusaha dan pegawai:
  • Harus bertindak dan berhubungan satu sama lain dengan itikad baik
  • Tanggung jawab untuk tidak bertindak melawan kepercayaan dan keyakinan yang ada di semua hubungan kerja
  • Harus bertindak adil terhadap satu sama lain.
Contoh: 
Pengusaha memiliki banyak tanggung jawab lain kepada pegawai mereka. Beberapa tanggung jawab ini berasal dari perjanjian kerja atau kebijakan di tempat kerja. Banyak dari tanggung jawab ini berasal dari undang-undang ketenagakerjaan dan ini kadang-kadang disebut hak minimum pegawai. Pegawai juga memiliki tanggung jawab kepada majikan mereka, misalnya, ketika seorang pegawai setuju untuk bekerja untuk majikan mereka, mereka setuju untuk memberikan usaha, waktu dan keterampilan mereka. Beberapa tanggung jawab pengusaha dan pegawai dirangkum dalam tabel di bawah ini:  
 
Pengusaha Karyawan
  • Membayar pegawai sesuai kontrak kerja mereka, dan setidaknya upah minimum yang berlaku.
  • Berikan pegawai cuti setidaknya empat minggu liburan tahunan.
  • Berilah pegawai hari libur pada 11 hari libur umum atau beri mereka liburan alternatif jika mereka bekerja, jika itu adalah hari kerja normal untuk mereka.
  • Bayar setidaknya satu setengah kali jika seorang pegawai bekerja pada hari libur umum.
  • Berikan pegawai setidaknya cuti sakit lima hari per tahun.
  • Bertindak dengan itikad baik dan dengan jujur.
  • Sediakan tempat kerja yang aman.
  • Jangan memotong uang dari upah secara tidak sah.
  • Pergi bekerja pada waktu yang disepakati.
  • Lakukan apa yang diminta oleh majikan untuk Anda lakukan.
  • Gunakan keahlian dan pengetahuan Anda serta karakteristik pribadi untuk melakukan pekerjaan Anda.
  • Kerjakan pekerjaan Anda dengan hati-hati.
  • Berperilaku wajar.
  • Bertindak dengan itikad baik dan dengan jujur.
  • Jaga diri Anda dan orang lain tetap aman saat Anda sedang bekerja.
*) aturan di atas mungkin berbeda antar negara. 


Tanggung jawab karyawan

Pergi bekerja 

Anda harus bekerja dan bersedia bekerja selama hari dan jam yang ada dalam perjanjian kerja Anda. Anda harus memastikan Anda bekerja tepat waktu. Anda hanya dapat pergi bekerja untuk alasan hukum, misalnya, jika Anda benar-benar sakit, berduka atau telah setuju dengan majikan Anda sebelumnya untuk beristirahat. Jika Anda sakit atau berduka, sedapat mungkin biarkan atasan atau atasan Anda tahu sebelum waktu Anda dimaksudkan untuk mulai bekerja. Jika Anda tidak muncul untuk bekerja ketika Anda diwajibkan, atau Anda tidak membiarkan majikan Anda tahu bahwa Anda tidak akan masuk, maka Anda: 
  • akan merepotkan majikan Anda
  • mungkin akan mengganggu kolega Anda, yang mungkin harus mengambil pekerjaan Anda 
  • mungkin dapat menghadapi proses pendisiplinan, terutama jika Anda terlambat atau tidak hadir tanpa penjelasan yang masuk akal atau berdasarkan kesepakatan
  • mungkin memiliki potongan yang dibuat dari gaji Anda.

Ikuti semua permintaan yang sah dan wajar 

Pegawai harus mengikuti semua permintaan dan persyaratan dari majikan mereka selama:
  • Sesuai aturan
  • berada dalam lingkup pekerjaan mereka dan perjanjian kerja mereka, dan
  • tidak berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan atau diri mereka sendiri atau orang lain (kecuali bahaya adalah bagian yang diakui dari pekerjaan, misalnya jika Anda adalah petugas kebakaran).

Sebagai contoh, beberapa perusahaan memiliki kode berpakaian untuk mempertahankan citra bisnis mereka. Ini mungkin berarti bahwa Anda harus mengenakan seragam, atau berpakaian untuk kode itu, jika majikan Anda memintanya.  

Berlatih keterampilan dan pengetahuan yang wajar 

Pegawai harus memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut jika proses perekrutan yang sesuai telah diikuti oleh perusahaan. Mereka harus melatih keterampilan mereka dengan cara yang memastikan bahwa aset dan properti majikan dilindungi dan tidak seorang pun (termasuk mereka) dirugikan. Pengusaha harus memastikan bahwa pegawai dilatih, atau diawasi oleh seseorang yang terlatih, bagaimana melakukan pekerjaan dengan aman.  

Berhati-hati 

Pegawai harus berhati-hati saat melakukan tugasnya. Ini berarti melakukan pekerjaan sebaik mungkin. Tidak hanya etos kerja yang baik ini, tetapi majikan dapat mengambil tindakan terhadap pegawai yang melakukan pekerjaan mereka dengan buruk. Jangan pernah berguling-guling, atau bercanda di tempat kerja, ini bisa membuat diri Anda atau orang lain menghadapi bahaya.  

Berlatih perilaku yang wajar 

Pegawai harus berperilaku dengan cara yang wajar dalam pekerjaan dan dalam beberapa kasus bahkan saat tidak bekerja (jika perilaku mereka di luar pekerjaan dapat membuat majikan terlihat buruk). Pegawai harus memastikan bahwa mereka mengetahui aturan dan kebijakan organisasi mereka, seperti standar pakaian, dan penggunaan komputer perusahaan dan fasilitas email. Pegawai harus berhati-hati tentang apa yang mereka posting di media sosial dan situs web lain, tentang majikan dan kolega mereka, dan aktivitas sosial mereka sendiri.  

Untuk bertindak dengan itikad baik dan dengan jujur 

Semua karyawan harus bertindak dengan 'niat baik' di tempat kerja, ini termasuk:
  • mencurahkan jam kerja normal mereka ke bisnis majikan
  • menghormati kerahasiaan majikan dan tidak membagikan informasi kerja di luar pekerjaan, karena itu dapat membahayakan bisnis majikan
  • tidak meminta, menerima atau mendapatkan hadiah yang terkait dengan pekerjaan dari pihak ketiga tanpa persetujuan dari majikan
  • tidak mempromosikan diri ke pelanggan majikan saat mereka masih seorang karyawan dalam upaya untuk mengambil mereka dari majikan setelah meninggalkan pekerjaan.
Artikel ini diterjemahkan bebas dari: Responsibilities of employers and employees https://www.employment.govt.nz/starting-employment/rights-and-responsibilities/employment-responsibilities/