Ternyata ASI Berpengaruh Terhadap IQ Si Kecil

Di era modern seperti sekarang banyak ditemui wanita karir yang kompetensinya tidak kalah dengan para pria. Tetapi bagaimana jika wanita karir tersebut memliki keturunan dan harus meninggalkan karirnya untuk sementara atau justru mengesampingkan keturunannya untuk mengejar karirnya. Tentu ini adalah sebuah pilihan yang harus dipikirkan oleh setiap pasangan yang baru memiliki keturunan terutama bagi sang ibu. Sering juga di jumpai ada ibu yang sangat bisa memberikan ASI kepada bayinya tetapi mungkin ada juga seorang ibu yang terbatas waktunya untuk memberikan ASI kepada bayinya. Dampak yang mungkin ada pada bayi ketika asupan ASI yang konsumsi kurang optimal salahsatunya dapat berpengaruh pada IQ si bayi dimasa yang akan datang.

Bagi para orang tua tentu sangat menginginkan si kecil bias tumbuh menjadi anak yang sehat juga cerdas, untuk itu asupan yang harus diberikan orang tua kepada anaknya ketika bayi haruslah baik. Kebutuhan asupan yang dibutuhkan antara lain lemak pembangunan otak, lemak, terutama asam lemak (DHA dan ARA), adalah salahsatu nutrisi penting untuk pertumbuhan otak dan mata si kecil. Kekurangan kedua jenis asam lemak esensial itu saat lahir berkorelasi dengan berat badan yang rendah, lingkar kepala yang kecil, dan ukuran plasenta yang rendah, akibatnya perkembangan system saraf pusat dan kemampuan kognitif dimasa selanjutnya akan terpengaruh menurut suatu penelitian yang dipublikasikan dalam Brithis Medical Journal, Inggris. Tahun 2001


Untuk mencukupi kebutuhan tersebut, berikan ASI seoptimal mungkin, karena ASI terbukti mengandung asam lemak yang dibutuhkan otak untuk bias berkembang. Dari studi yang dilakukan di The University of Kentucky Chandler Medical Center, Amerika Serikat, terbukti IQ bayi yang diberi ASI jauh lebih tinggi dibanding dengan yang tidak diberi ASI. Kemudian ketika si kecil mulai dibolehkan makanan padat, kebutuhan asam lemak itu bias dipenuhi dengan memberikan ikan, telur bebek, susu yang diperkaya DHA dan ARA atau minyak jagung.