beberapa hal yang perlu diperhatikan saat wawancara kerja



Dalam proses rekrutmen pegawai suatu perusahaan, pasti akan ada tahap wawancara. Pada proses wawancara ini adalah kesempatan bagi pelamar untuk dapat meyakinkan pihak perusahaan bahwa pelamar layak menjadi pegawai dari perusahaan atau organisasi yang dilamar.

Untuk itu ada beberapa hal yang perlu di tampilkan dari diri pelamar diantaranya sebagai berikut :

  1. Percaya diri dan tunjukan bahwa anda siap untuk diwawancara
  2. berjabat tangan dengan ramah dalam menyalami pewawancara. Perkenalkan diri anda dengan menggunakan cara yang sama seperti yang digunakan oleh pewawancara. Buatlah suatu kesan awal yang baik.
  3. Pertahankan sikap tenang anda (rileks). Tunjukan semangat dan minat anda yang sungguh-sungguh sepanjang wawancara berlangsung.
  4. Pertahankan tatapan mata anda yang baik, sikap badan yang sempurna, dan berbicaralah dengan ucapan yang khas. Jangan bersedekap tangan atau memain - mainkan perhiasan, rambut, atau pakaian anda. Duduklah secara sopan pada kursi yang telah disediakan. Janganlah merokok meskipun diperkenankan.
  5. Hafalkan riwayat hidup anda dan sajikan "Selling Point" Anda. Dengarkan setiap pernyataan dan berilah jawaban yang sesuai. Hindarilah jawaban yang terlalu singkat tetapi berikan penjelasan yang tepat, logis dan analitis.
  6. Tunjukan kemampuan kemampuan anda seperti : kemampuan untuk mengungkapkan dengan perkataan yang efektif, kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain, kemampuan untuk bekerja secara independen (mandiri) dan mengatur waktu secara efektif
  7. Dari sebagian terbesar waktu, biarkan pewawancara mengambil inisiatif namun tidak berarti anda menjadi pasif. Carilah kesempatan pada hal-hal yang ingin anda dengar oleh pewawancara.
  8. Berikan jabat tangan anda pada saat wawancara selesai dan kemukakan bahwa anda sungguh-sungguh tertarik akan jabatan pekerjaan yang ditawarkan.