Customer Service Small things HIGH impact


Customer service adalah bagian yang tak terpisahkan dari pekerjaan kita sebab bagian terpenting dari perusahaan adalah pelanggan.
Tanpa mereka, kita tak akan bisa berada dalam dunia bisnis. Ketika anda memuaskan customer anda, maka mereka tak hanya membantu anda bertumbuh tetapi juga merekomendasikan anda kepada teman-teman dan asosiasi mereka

Syarat menjadi Customer Service
Good Looking
Cerdas
Pembohong yang baik
Topeng


Berikut adalah kiat - kiat untuk menjadi Customer Service yang baik
1.  Kenali siapa calon pelanggan kita
Kita berada dalam bisnis yang melayani kebutuhan pelanggan dan kita hanya bisa melakukan itu hanya bila kita mengetahui apa yang mereka inginkan. Ketika kita benar-benar mendengarkan mereka, mereka akan membuat kita mengerti apa yang mereka inginkan dan bagaimana menyediakan pelayanan yang baik baik

2. Jadilah Pendengar Yang Baik
Pergunakan waktu untuk mengenal kebutuhan pelanggan dengan bertanya dan berkonsentrasi pada pertanyaan mereka. Dengarkan kata-kata mereka, cara bicara,body language, dan yang terpenting adalah apa yang mereka rasakan. Berhati-hatilah dalam berasumsi. Berfikirlah kalau kita dapat mengerti keinginan mereka.

3.  Kenali dan antisipasi kebutuhan pelanggan
Pelanggan tidak membeli produk atau jasa. Mereka membeli good feeling dan solusi terhadap masalah.
Kebanyakan dari keinginan mereka melibatkan perasaan (emosional) ketimbang logika. Semakin kita tahu pelanggan kita, semakin kita dapat mengantisipasi kebutuhan

4. Membuat Pelanggan Merasa Penting dan Dihargai Perlakukan pelanggan secara individual. Selalu menyebut nama dan memuji mereka, tapi tetap dengan sikap menghormati. Pelanggan itu sangat sensitif dan tahu apakah kita peduli pada mereka atau tidak.

5.  Bantu pelanggan mengerti sistem pekerjaan
Jelaskan kepada pelanggan sistem dan peraturan yang diterapkan di perusahaan kita. Percuma bila kita mempunyai sistem terbaik di dunia bila pelanggan tidak mengerti sistem tersebut.

6. Hargai Kekuatan Berkata Ya
Selalu cari cara untuk membantu pelanggan kita. Ketika mereka memiliki permintaan (selama permintaan tersebut beralasan), beritahu mereka kalau kita dapat melakukannya. Pikirkan cara setelahnya.

7. Tahu Bagaimana Meminta Maaf
Ketika kita membuat kesalahan pada pelanggan kita atau sesuatu berjalan tidak semestinya, meminta maaf lah. Itu tidak lah susah dan mereka menyukainya. Pelanggan tidak selalu benar, namun mereka harus selalu menang. Hadapi masalah sesegera mungkin dan biarkan mereka tahu yang kita kerjakan. Mudahkan mereka untuk berkeluh kesah.

8. Dapatkan Feedback Secara Regular
Sarankan dan terimalah saran dari pelanggan tentang apa yang dapat kita perbaiki. Ada beberapa cara untuk mengetahui apa yang mereka pikirkan dan rasakan tentang pelayanan kita.