Strength Deployment Inventory (SDI)

[Oleh: Nur Agustinus]

Apa itu SDI? SDI (Strength Deployment Inventory) adalah sebuah perangkat psikometri untuk mengetahui tipologi seseorang dan bagaimana motivasi orang tersebut dalam situasi konflik. Saya hanya bisa menjelaskan secara singkat saja di sini dan bila ingin mengetahui lebih lanjut, bisa lihat di http://www.personalstrengths.com.au/

Dasar dari SDI ini adalah teori yang dinamakan "Relationship Awareness Theory" yang menyatakan: "motivation is the basis of all behaviour, and that we all need to feel a sense of self worth and self esteem in our relationships with others". SDI ini dirancang oleh Elias H. Porter, PhD. Tentang Elias Porter bisa dibaca di http://en.wikipedia.org/wiki/Elias_Porter

Ketika mengajar beberapa waktu lalu, dalam rangka mengenal diri sendiri dan tim kerja, mahasiswa diminta mengerjakan tes SDI ini. Setelah membahas tentang tipe-tipe dari hasil masing-masing tes, beberapa mahasiswa malah bertanya, tipenya pak Nur apa? Saya memang pernah mencoba tes ini saat diperkenalkan pertama kali, namun karena saya waktu itu merasa kurang pas, maka saya mencoba lagi mengerjakan tes tersebut. Ternyata hasilnya dengan yang lalu tidak jauh berbeda (meski tidak sama persis).

SDI ini membagi orang dalam 4 tipe utama, yaitu tipe biru, merah, hijau sertga gabungan dari biru-merah-hijau yang disebut sebagai HUB. Mengenai penjelasan tentang bagaimana sifat masing-masing tipe ini, bisa dibaca di http://componentleadership.pmi.org/februarymeeting2009/Pres%20and%20Bios/Understanding%20and%20Leading%20your%20team%20Final%20-Treasure.pdf



Kembali ke soal "Relationship Awareness Theory" ada 4 premis dalam teori ini, yaitu:
1.Behaviour is driven by motivation to achieve or maintain self-worth;
2.Motivation changes in conflict;
3.Strengths, when overdone or misapplied, can be perceived as weaknesses and;
4.Personal filters influence perceptions of self and of others.

Nah, notes yang ingin saya tulis adalah hasil dari tes yang saya buat. Tes ini dibagi dua kondisi, pertama akan memberi gambaran tentang apa tipe saya dalam kondisi biasa, dan bagaimana perilaku saya dalam situasi konflik. Dari hasil tesnya, ternyata saya termasuk tipe HUB.



Dalam gambar terdapat dua titik. Penjelasannya adalah, dalam situasi normal (biasa-biasa saja), saya termasuk tipe HUB (kedua titik nampaknya masih dalam posisi HUB). Nah, apa artinya jika termasuk tipe HUB ini? Berikut penjelasannya:



Sebenarnya, sifat seseorang itu bisa positif bisa juga negatif. Misalnya, orang yang memiliki sifat percaya, kalau saking terlalu percayanya, bisa menjadi orang yang naif. Atau orang yang baik hati, negatifnya bisa menjadi orang yang pasrah. Nah, dalam tipe HUB ini juga sama, berikut positif dan negatifnya:



Sekarang, bagaimana menjelaskan pergerakan dari titik pertama ke titip kedua. Titik kedua adalah bagaimana perilaku saya ketika menghadapi konflik. Menurut teorinya, keadaan konflik bisa dibagi dalam 3 tahap. Pada tahap pertama, seseorang yang mengalami konflik akan memperhatikan 3 hal, yaitu dirinya, problemnya dan orang lain (oposannya). Tahap kedua, dia hanya memperhatikan dirinya dan problem yang ada, sementara jika sudah sampai pada tahap ketiga atau akhir, dia hanya akan mempedulikan dirinya saja. Tahap ketiga ini dapat dikatakan sebagai fenomena "do whatever is necessary to save myself".

Dari hasil tes itu, maka pergerakan perilaku saya adalah R - (B G). R adalah Red (merah), B adalah Blue (biru) dan G adalah Green (hijau). Di bawah ini adalah tabel bagaimana perilaku dalam tahapan konflik menurut warnanya.



Jadi, kalau melihat hasilnya, jika saya berada dalam situasi konflik, maka respon perilaku saya di awal (tahap satu) adalah Red, artinya: "Simply rising to the challenge being offered". Nah, karena tahap kedua dan ketiga itu bisa bolak balik (dalam kurung artinya responnya bisa B - G atau G - B, maka ada kemungkinan jika tahap pertama ini sudah terlewati, maka saya akan "Giving in and letting the opposition have it’s way" atau "Trying to escape from the opposition". Selanjutnya pada tahap akhir, saya bisa menjadi "Having been completely defeated" atau "Having to retreat completely".

Begitulah kira-kira hasil pengukuran Strength Deployment Inventory yang saya lakukan.

Jika Anda tertarik dengan SDI ini, silahkan klik link (url) yang ada di notes ini. Siapa tahu berguna.

Salam,
nur agustinus

Links:
  1. http://www.personalstrengths.com.au/
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/Elias_Porter
  3. http://componentleadership.pmi.org/februarymeeting2009/Pres%20and%20Bios/Understanding%20and%20Leading%20your%20team%20Final%20-Treasure.pdf
Surabaya, 29 April 2011