Suka Menunda Pekerjaan ?



Menunda pekerjaan atau dalam istilah psikologis procrastination adalah istilah gangguan Psikologis yang digunakan untuk orang orang yang suka menunda-nunda pekerjaan atau hal yang harus dilakukan hingga menit-menit terakhir meskipun hal yang harus dikerjakan bersifat high priority dan procrastination digolongkan sebagai gangguan perilaku.

Penelitian untuk disertasi program doktoral di UGM ini dilakukan pada 232 mahasiswa yang menunda-nunda mengerjakan skripsi. Kerugian yang ditimbulkan akibat menunda-nunda pengerjaan skripsi itu ternyata sampai triliunan rupiah persemesternya, dihitung dari penambahan biaya kuliah dan biaya hidup selama menempuh kuliah

”Katakanlah paling sedikit ada 100 ribu mahasiswa yang menunda-nunda mengerjakan skripsi tiap semesternya, maka kerugian yang timbul memang mencapai triliunan rupiah buat mereka,” kata dia.

Masalah utama yang menyebabkan kita suka menunda-nunda adalah lemahnya dalam memutuskan prioritas. Pekerjaan kita banyak, maka kita harus memiliki prioritas, sehingga ada pekerjaan yang jelas harus kita lakukan. Saat tidak ada prioritas, maka semua akan mengambang, semua akan tertunda, sebab pikiran kita bingung.

Anda harus mengambil keputusan, mana yang menjadi prioritas. Jika Anda bekerja mandiri atau seorang pebisnis, yang diperlukan adalah keberanian untuk memutuskan dan menunda bahkan menghilangkan pekerjaan yang tidak diperlukan.

Jika Anda masih bekerja kepada orang lain, maka yang diperlukan adalah komunikasi yang baik dengan atas agar bisa menentukan prioritas pekerjaan. Dengan komunikasi yang baik, seharusnya akan jelas mana yang menjadi prioritas, mana yang tidak.

Masalah kedua yang menjadikan kita biasa menunda-nunda pekerjaan adalah banyaknya gangguan. Banyak sekali gangguan yang bisa merusak fokus kita. Sehingga saat kita akan melakukan sebuah pekerjaan, datang gangguan, kemudian kita beralih ke gangguan tersebut.

Disinilah, kita harus bisa mengkondisikan diri agar gangguan tersebut berkurang. Email, telephon, Facebook, twitter, BBM, WhatAps, dan sebagainya bisa menjadi gangguan juga. Silahkan atur sedemikian hingga agar tidak lagi merusak konsentrasi yang ujung-ujungnya menunda pekerjaan.

Jika saja sejak awal kita tidak menunda pekerjaan maka sudah berapa banyak hal yang telah kita selesaikan sampai dengan saat ini. jadi jangan sekali- sekali menunda pekerjaan apalagi untuk alasan yang tidak penting. Menunda pekerjaan berarti sama dengan bermalas - malasan, seorang pemalas akan sulit untuk meraih kesuksesan.