60 Detik Yang Mengubah Stres Buruk Menjadi Stres Baik


Proses modifikasi perilaku merupakan langkah utama yang memudahkan kita untuk merubah sikap, dan membuat sikap itu sesuai dengan kepribadian kita. Upaya untuk mengubah sebagian pola perilaku kita sangat menentukan dalam manajemen stres 60 detik dan dalam mengembangkan toleransi terhadap stres.

Ada beberapa metode dasar untuk mengubah sikap, dan metode tersebut membawa kita kedalam teknik - teknik manajemen stres 60 detik.

  1. Bebicara dengan diri sendiri secara positif. Bila kita berada dalam situasi yang penuh stres, ambilah waktu satu menit untuk menemukan sesuatu yang positif dari peristiwa itu. Hal buruk yang kita lakukan adalah mengatakan sesuatu negatif  kepada diri sendiri                                              
  2. Bayangkan hasil-hasil yang positif.  Ketika berada dibawah tekanan, umumnya kita membayangkan apa yang diharapkan apa yang diharapkan akan terjadi. Berhentilah dan ambilah waktu 60 detik untuk memikirkan hasil yang baik. Berharaplah untuk meraih sukses. Jika demikian hasil yang baik dari situasi stres akan datang sendirinya                                               
  3. Bersikap cukup fleksible untuk berubah.  Kita tidak perlu ragu untuk mengubah cara kita mendekati masalah. Dengan bersikap fleksibel, kita dapat menemukan metode yang lebih baik dalam mencapai tujuan dan mengatur hidup ini. kita harus memiliki kebijaksanaan dan keberanian untuk melakukan berbagai hal dengan cara yang lebih baik.                                                                                                                                                                                     
  4. Ambilah waktu istirahatHanya sedikit diantara kita yang dapat bekerja lebih dari tiga jam atau empat jam tanpa kehilangan kemampuan untuk berkonsentrasi. Menyisihkan waktu istirahat untuk kepentingan diri sendiri akan menanamkan persepsi bahwa diri kita sangat berharga. Ketika kita berhasil membuat diri istimewa , secara otomatis kita akan memiliki cara pandang hidup yang lebih baik.                                                                                                                                                                                                                               
  5. Carilah waktu kerja dan lingkungan yang terbaik. Kebanyakan kita memiliki waktu sibuk dipagi atau malam hari namun setiap orang mampu menyelesaikan masalah dengan cepat diwaktu yang berbeda. Oleh karena itu rencanakan sebanyak mungkin jadwal pekerjaan pada periode waktu tersebut pada puncak energi anda.                                                                                      
  6. Berolahraga. Olahraga adalah salahsatu cara terbaik untuk melepaskan ketegangan dan kehawatiran. Olahraga juga membuat diri menjadi lebih berenergi dan segar.                                                                                                                                                                           
  7. Jangan tinggal dimasa lalu. Kita tidak bisa mengubah masa lalau, itu sebabnya menyesali kejadian yang sudah berlalu secara berlarut-larut kurang baik juga. Bersedihlah sebentar namun kemudian harus bangkit untuk memikirkan masa depan yang lebih baik.                                      
  8. Ubahlah atau hindari situasi. Semua orang memiliki sifat dalam kepribadian yang tidak sanggup  mengatasi situasi - situasi tertentu. ketika hal ini terjadi , ubahlah atau hindari hal ini sepenuhnya. Hal ini mungkin sulit untuk dilakukan, terutama jika berkaitan dengan pekerjaan atau karier. Tetapi kebanyakan orang menemukan bahwa teknik manajemen stres 60 detik sangat menolong untuk memperbaiki situasi mereka hingga  suatu titik dimana mereka sanggup menghadapi kondisi yang terburuk.