Emil Kraeplin

Emil Kraeplin merupakan ilmuan asal Jerman yang terkenal dengan penggolongannya mengenai gangguan kejiwaan manusia.  Ia juga terkenal sebagai tokoh yang pertama kali menggunakan metode psikologi dalam pemeriksaan psikiatri. Ia juga membuat pembedaan antara skizofrenia dan gangguan jiwa yang berlaku hingga saat ini. Publikasi besar pertamanya adalah Compendium der Psychiatrie yang mempermaklumkan penelitian medis ke dalam penyakit psikologis. 

Emil Kraepelin lahir di Neustrelitz, Jerman pada 15 Februari 1856. Saat berkembang di usia 18 tahun, ia mulai tertarik dengan bidang psikologi khususnya psikiatri, sehingga ia mulai mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan ketertarikannya itu. Wurzburg menjadi tempat baginya dalam menjalani pelatihan medis saat ia berstatus mahasiswa kedokteran tahun ketiga. Pada tahun 1878, ia menjadi dokter di Wurzburg dan di rumah sakit jiwa Munich. Pada tahun 1885, ia diangkat menjadi Profesor  di Dorpat dan tahun 1891 di Heidelberg.

Emil Kraepelin juga terkenal sebagai tokoh yang pertama kalinya menggunakan metode psikologi dalam pemeriksaan psikiatri, antara lain ia menggunakan tes psikologi untuk mengetahui adanya kelainan-kelainan kejiwaan. Salah satu alat tes yang diciptakannya dikenal dengan nama Tes Kraeplin, masih dipergunakan secara luas di kalangan sarjana psikologi di Indonesia sampai sekarang. Sebagian percaya bahwa Kraepelin adalah Bapak Psikologi Klinis. Sumbangan lainnya adalah sebagai seorang pioner Psikofarmologi, ia adalah orang pertama yang mempelajari secara eksperimental pengaruh-pengaruh obat-obatan, alkohol, dan nikotin, terhadap tingkah laku manusia.













sumber : wikipedia