Efektivitas Kerja


Efektivitas adalah keadaan dan kemampuan berhasilnya suatu kerja yang dilakukan oleh manusia untuk memberikan guna yang diharapkan. Untuk melihat efektvitas kerja, pada umumnya dipakai empat macam pertimbangan, yaitu : Pertimbangan ekonomi, pertimbangan fisiologi, pertimbangan psikologi dan pertimbangan sosial.

 Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas kerja yang diartikan sebagai keberhasilan melakukan program dipengaruhi oleh berbagai faktor - faktor yang dapat menentukan efektivitas kerja karyawan. Faktor - faktor yang dapat mempengaruhi efektivitas kerja dalam organisasi :

1. Waktu
Ketepatan waktu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan merupakan faktor utama. Semakin lama tugas yang dibebankan itu dikerjakan, maka semakin banyak tugas lain menyusul dan hal ini akan memperkecil tingkat efektivitas kerja, karena membutuhkan waktu yang lama. Namun setiap orang biasanya memiliki waktu tertentu dimana orang tersebut bisa bekerja maksimum, untuk itu sebaiknya perencanaan kerja sebaiknya banyak dibebankan pada waktu tersebut, sehingga pekerjaan yang dilakukan bisa selesai dengan efektif.

2. Tugas
Karyawan harus diberitahukan maksud dan pentingnya tugas - tugas yang didelegasikan kepadanya.

3. Produktivitas
Seorang karyawan mempunyai produktivitas kerja yang tinggi dalam bekerja tentunya akan dapat menghasilkan efektivitas kerja yang baik demikian pula sebaliknya.

4. Motivasi 
Manajer dapat mendorong bawahan melalui perhatian pada kebutuhan dan tujuan mereka yang sensitif. Semakin termotivasi karyawan untuk bekerja secara positif, semakin baik pula kinerja yang dihasilkan.

5. Evaluasi Kerja
Manajer memeberikan dorongan, bantuan dan informasi kepada bawahan, sebaliknya bawahan harus melaksanakan tugas dengan baik dan menyelesaikan tugasnya untuk dievaluasi.

6. Pengawasan 
Dengan adanya pengawasan, maka kinerja karyawan dapat terus terpantau dan hal ini dapat memperkecil resiko kesalahan dalam pelaksanaan tugas.

7. Lingkungan
Lingkungan kerja adalah menyangkut tata ruang, cahaya alam dan pengaruh suara yang mempengaruhi konsentrasi seseorang dalam pelaksanaan tugas.

8. Perlengkapan dan Fasilitas
Adalah suatu sarana dan perlatan yang disediakan oleh pimpinan dalam bekerja. Fasilitas yang kurang lengkap akan mempengaruhi kelancaran karyawan dalam bekerja. Semakin baik sarana yang disediakan oleh perusahaan maka akan semakin baik pula kerja seorang karyawan dalam mencapai tujuan atau hasil yang diharapkan.




sumber : ocw.usu.ac.id